Agar Piyik Sehat Dikandang Umbaran
Tips dan Tricks

Agar Piyik Sehat Dikandang Umbaran

Advertisement

Tak henti-hentinya beritamerpati.com memberikan peringatan dengan kondisi cuaca yang tak menentu. Apalagi belakangan cuaca ekstrim terkadang menghampiri, membuat beberapa mania andhokan tanah air harus ektra hati-hati dengan kesehatan pembalap, terutama hasil ternakan yakni piyik. Sebab, dengan usia dini rentan akan terjangkit penyakit.
Agar piyikan lebih aman dan terhindar dari penyakit banyak jalan.
Pertama, perawat harus lebih telaten akan kebersihan kandang, terutama kandang macan yang terisi sekitar 10 piyikan lebih. Model kandang seperti ini, beresiko tinggi akan munculnya penyakit. Sehingga butuh ekstra dalam hal memantaunya.
Jangan anggap sepele piyik yang kondisinya sedikit nglentruk dan bersin-bersin. Ini bertanda, piyikan mulai terjangkit penyakit. Sebaiknya singkirkan dari kandang.
Kedua, lantai kandang harus bersih setiap pagi dan sore. Sebaiknya pakai lantai plesteran semen atau keramik. Sebab, lantai seperti ini mudah dalam hal membersihkan tinja-tinja piyikan. Selanjutnya, berikan desinfektan pada pojok-pojok kandang. Sebab, daerah pojok merupakan tempat penyakit berkumpul.
Ketiga, berikan injeksi anti body pada piyik. Dengan pemberian ini, piyikan akan lebih kuat guna menangkal penyakit yang akan menyerang dirinya. Dengan catatan, dengan pemberian injeksi anti body, mania harus tahu piyikan mana yang harus diinjeksi. Berikan pada piyikan yang kondisinya fit. Jika sebaliknya, piyikan akan mudah tersungkur dan mati.
Keempat, berikan minuman multivitamin dan penjamuan secara rutin. Dengan pemberian kedua jenis ini, maka piyikan akan lebih kuat dan terjaga dari serangan penyakit. Dan jangan lupa, tiap pagi hari berikan sinar matahari (penjemuran) secukupnya.

Post Comment