Disiplin Kunci Sukses Lomba LJB’18 Jember
Berita

Disiplin Kunci Sukses Lomba LJB’18 Jember

Kesuskesan lomba “Liga Jatim Bersatu” 2018 putaran ketiga Jember di trek balap Jatigowok Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Jember 22-24 Juni 2018 lalu patut ditiru. Dengan 310 peserta di utama Minggu, lomba selesai pukul 15.10 wib. Tak pelak, kesuksesan lomba ini kali pertama sepanjang lomba di Jawa Timur, bahkan di luar Jawa Timur.
Kesuskesan ini tidak luput dari kerja sama antara peserta dan panitia lomba. Sebab, tanpa kerjasama keduanya mustahil lomba berjalan lancar dan sukses. Ini terbukti, di hari Sabtu, panitia menjual tiket lomba dan langsung dikembalikan. Saat itu tepat 200 kartu ucutan sudah dipegang oleh panitia. Malam harinya, panitia pun melakukan rekapan untuk babak pertama.
Tak hanya itu, di trek balap, panitia juga mengumumkan, lomba utama Minggu diterbangkan tepat pukul 11.00 wib, diharapkan peserta lomba jam 10 pagi harus melatih pembalap. Jika tidak hadir tepat waktu, panitia tidak bertanggung jawab atas diskualifikasi peserta, karena pembalap tidak terbang.

SANG JAWARA. Pukul.15.10 wib lomba selesai.

Peringatan ini sangat diperhatikan oleh peserta lomba yang jarak penginapan tak jauh dari trek balap yakni sekitar 50 meter dari trek balap Jatigowok. Jika dihitunhg waktu dari penginapan ke trek balap, cukup waktu 10 menit. “Dekatnya jarak trek balap dengan penginapan,membuat peserta tepat waktu turun di trek balap,” tandas Lalak Saputra.
Ketika beritamerpati.com pukul 09.00 wib, sudah di trek balap, sudah ada sekitar dua bahkan empat tim sudah melatih pembalapnya. Tiga puluh menit kemudian, tim-tim mulai berdatangan. Melihat peserta sudah mulai banyak yang datang, tepat pukul 10.10 wib, panitia membagikan nomor terbang. Kurang lebih 30 menit setelah menerima nomor pelepasan, pembalap langsung menuju ke garis start.
Tepat pukul 10.50 wib, pembalap mulai diterbangkan dengan jarak sekitar 1000 meter. Jarak yang tak terlalu jauh inilah, membuat pembalap tidak lagi berputar-putar di start, sehingga penerbangan lainnya juga lancar. Babak kedua selalu pun tepat pukul 12.15 wib dan babak ketiga pukul 12.30 kembali diterbangkan.
Juga, sambung dia, tak banyak peserta yang protes, jika protes hanya beberapa pembalap saja dan diselesaikan dengan cepat dan kedua joki menerima dengan lapang dada. Babak demi babak dijalankan dan semua lancar. Alhasil, final lomba diluncurkan tepat pukul 15.10 wib dan lima menit kemudian lomba selesai dan terwujud sang juara.
“Semua bisa terjadi seperti ini jika kedua belah pihak dalam hal ini panitia dan peserta saling kerja sama dan mendisiplinkan waktu yang sudah ditetapkan. Bila dengan jalan seperti ini, maka semua gelaran lomba di tanah air, khususnya di Jawa Timur yang pesertanya cukup banyak, bakal selalu ada sang juara dan tidak lada lagi juara bersama,” ucap mania Banyuwangi.
Ini contoh yang patut dijalankan di lomba “Liga Jatim Bersatu 2018” kedepan. Lomba wajib terbang tepat pukul 11.00 wib. Tak ada waktu molor sedikit pun. Bila ini dijalankan, bisa-bisa lomba selalu selesai pukul 15.00 wib dan paling lambat 15.30 wib.

PENGINAPAN DEKAT TREK BALAP
Selain kedisiplinan peserta menuju ke trek balap, jarak penginapan ke trek balap sangat mendukung kesuksesan jalannya lomba. Ini terbukti di lomba LJB’18 di Jember, jarak penginapan peserta lomba ke trek balap tak lebih dari 100 meter, sehingga cukup 10 menit peserta lomba dan pembalap sudah di trek balap.
“Jika penginapan seperti ini, sebagai peserta juga lebih senang. Seperti tim kita, jarak penginapan ke trek balap cukup 40 meter. Sehingga ketika mau di trek balap nggak sampai 10 menit,” tandas Mat, mania asal Lumajang kepada beritamerpati.com
Cara seperi ini, wajib ditiru oleh panitia-panitia lainnya. Sehingga peserta lebih cepat sampai di lapangan dan lomba lebih cepat dimulai. Alhasil, lomba selesai pukul 15.15 wib. Ini rekor lomba selesai dengan waktu tercepat, meski jumlah peserta melebihi 300.
Sekali lagi, ini pantas dicontoh oleh panitia-panitia lomba lainnya. Selain kedisiplinan peserta, juga jarak penginapan tak jauh dari lokasi lomba.

Advertisement

Post Comment