JLS CUP I JEMBER; Top One Bablas, Malboro Jadi Jawara
Berita

JLS CUP I JEMBER; Top One Bablas, Malboro Jadi Jawara

Advertisement

Pertarungan hebat kembali terjadi di trek balap JLS Puger Jember (24/11) Minggu lalu dimana 200 pembalap beradu sprint dan tembak guna memperebutkan hadiah total Rp 30 juta. Kali ini, pembalap Bali yakni Top One, sebelum lomba dipersunting oleh Cinsang Jember Rp 45 juta harus puas menjadi runner up.

PARTAI FINAL. Top One bablas kanan joki.

Pasalnya, terbang sprint ccpat lebih dulu dari pada rivalnya bak kesetanan. Akhirnya, tak hinggap ditangan joki (bablas samping kanan), sedangkan Malboro yang tertinggal sekitar 3 meter lebih dengan mudahnya hinggap di tangan joki, maka Malboro dinobatkan sebagai jawara LJB’19 Sesi II Putaran ke-6 Jember.
Itulah kondisi lomba putaran ke enam sesi kedua Liga Jatim Bersatu (LJB) 2019 di trek balap JLS (jalur lintas selatan) Puger Jember. Lomba yang dimulai hari Jum’at dengan menggelar Galatama 500 meter diikuti oleh 21 seri sudah termasuk seri junior ring 2019.

HSS TEAM BANYUWANGI. Akhirnya Malboro sabet juara pertama utama minggu.

Kali ini seri bergengsi yakni Perang Bintang (PB) senior dan junior tergelar meski jumlah perserta tidak penuh. Di PB junior sang juara direbut oleh Raja Gilas, milik H Husen Surabaya dimana setelah mengalahkan Anak Bangsa milik Cingsan Jember.
Begitu pula di seri senior yang merupakan seri berpoint, Embape milik Robi/Rahmi Pamekasan dengan sprint dan tembak kerasnya juga mengkandaskan ambisi Sinyo milik Akong Jember. Dua pembalap yang memiliki style nyaris sama ini puas apa yang didapat.

HENDRIK (TIGA DARI KIRI BERDIRI). Puas atas dikerja Top One meski sudah dipersunting Rp 45 juta.

Sedangkan di hari berikutnya yakni Galatama 800 meter, panitia kembali sukses dengan jumlah seri yang tak beda. Seri PB juga terisi penuh senior dan junior. Di Senior yang merupakan seri berpoint kali ini disikat kembali oleh Embape Pamekasan, yang mana rivalnya Black Mamba milik H Husein Surabaya harus kandas.
Di PB junior, pertarungan ketat dua pembalap muda milik H Bahtiar Situbondo dan H Budi Jember . Usai pembalap lepas dari tangan pelepas, keduanya saling kuntit dan tempel ketat. Karena usianya belum genap satu tahun, mentalnya pun labil.

JELANG FINAL. Jaga sportifitas dan fair play.

Tak heran, ketika mendekati tengah lomba keduanya langsung turun dan melakukan sprint. Nampak keduanya masih tempel ketat, mendekati sekitar 200 meter dari joki terbang Coret pun mulai kendor dan akhirnya jelang finish, Coret harus mengakui keunggulan terbang Black Star dan akhirnya Black Star sebagai pemenang.
Sementara di utama Minggu, dimana jumlah peserta sedikit berkurang, pembalap yang dua hari tak mendapat juara mulai meninggalkan gelangang trek balap. Panitia mengumpulkan 200 peserta, sudah termasuk daftar ulang. Lomba yang dimulai tepat pukul 12.30 wib ini berjalan lancar dan sukses, meski ada dua atau tiga protes, berakhir dengan kelegowohan keputusan hakim juri dan sama-sama puas.
Babak ketiga diterbangkan pukul 14.45 wib dilanjut ke babak selanjutnya. Pertarungan kembali menegangkan, ketika menginjak 8 besar, dimana di babak ini jika terjadi drow, maka pembalap harus terbang ulang sampai ada pemenangnya. Namun, di delapan besar tidak ada lagi pembalap drow atau harus terbang balik, kesemuanya menang telak.

SANG JAWARA MALBORO. Selamat ya….

Terbangan pertama Gokong Vs Black Mamba, dimana Black Mamba sejak awal sudah diunggulkan bakal menyabet juara pertama. Sprint cepat dan tembak tepat di tangan joki, membuat Gokong harus mengakui keunggulan Black Mamba.
Diterbangan ke-2 kali ini, Rencong Pamekasan sang joki tertunduk lesu. Karena Rencong yang memiliki sprint cepat ini di start muter, sedangkan lawannya yakni Malboro jalan lurus. Karena muter, Rencong pun tertinggal cukup jauh dan akhirnya kalah. Terbangan ketiga Mayor Vs Phoenix Aerosmid. Dua pembalap terbang lurus dan saling bekejaran. Lagi-lagi pembalap asal Situbondo milik H Bahtiar ini melaju kencang. Menjelang sekitar 10 meter dari joki langsung melakukan tembakan. Seperkian detik itu pula Phoenix Aesrosmid kalah dan Mayor melaju ke babak semi final.
Terbangan terakhir, Dobrak Vs Top One. Lagi-lagi pembalap kelahiran kota Banyuwangi ini dengan mudahnya mengalahkan Dobrak. Lewat sprint cepat dan tembak keras di tangan joki, membuat Dobrak harus menyerah. Top One malaju ke semifinal.
Tepat pukul 16.35 wib, babak semifinal diterbangkan. Terbangan pertama Malboro Vs Mayor, kali ini Mayor harus legowo dimana usaha kerasnya lewat sprint cepat dan tembak keras di tangan joki, tak lagi membuahkan hasil kemenangan dan lawan-lah yakni Malboro yang menang dan melaju ke final. Begitu pula dengan Top One Vs Black Mamba.


Dua pembalap yang memiliki kemampuan sprint cepat ini akhirnya harus beradu sprint. Menjelang tengah lomba, Top One sedikit tertinggal dan ini sampai jelang 200 meter dari joki. Namun, sekitar 150 meter jelang finish, sprint cepat Top One dipercepat dan disinilah Black Mamba mulai ketempel ketat dan jelang 50 meter dari joki, Top One menunjukkan kebolehanya dan sudah melewati Black Mamba.
Karena sudah dekat dengan joki, Top One tak pikir panjang langsung melakukan tembakan keras dan saat itu pula hinggap dengan sempurna ditangan joki, maka let yang dipimpim oleh Nur Hadi Porong menunjuk Top One sebagai pemenang dan melaju ke final melawan Malboro. Karena waktu sudah sore panitia langsung memutus final tetap jalan dan kondisi trek balap masih terang benderang.
Tepat pukul 16. 55 wib partai final diterbangkan. Sekitar 750 pasang mata lebih menyaksikan jalannya lomba. Rasa dak dik duk der terbenak di dada masing-masing joki. Setelah peluit dibunyikan tanda kedua pembalap haru dilepas, kedua pembalap terbang lurus dan kencang.
Terbang tinggi dilakukan oleh kedua pembalap. Jelang tengah lomba, kembali kedua pembalap mulai turun dan saling tempel ketat. Lagi-lagi 200 meter dari joki Top One dengan stamina luar biasa melakukan sprint cepat dan mulai meninggalkan Malboro.
Ini dilakukan sampai jelang 50 meter dari joki. Terbang sendiri didepan makin kencang. Ibaratnya bak kesetanan, meski lawan ada dibelakang sekitar 3 meter. Apa yang terjadi selanjutnya?
Terbang kencang Top One bak kesetanan tidak mampu menghasilkan kemenangan, selain pembalap yang usianya cukup muda dan mentalnya belum begitu stabil, dikejar oleh lawan dari belakang, akhirnya terbangnya makin cepat, namun untuk hingap ke tangan joki tak terpikirtkan. Yang terjadi Top One bablas kebelakang dari sebelah kanan joki.
Sedangkan rival yakni Malboro dengan santainya hinggap di tangan joki. Saat itu pula let menunjuk Malboro menang dan sekaligus dinobatkan sebagai jawara LJB’19 Sesi II putaran ke-6 Jember. Selamat kepada kedua finalis, memang Anda merupakan pembalap luar biasa dan hoki ada pada Malboro.
Segenap panitia mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada peserta lomba atas dukungannya, sehingga lomba berjalan lancar dan sukses. Juga mohon maaf jika ada khilaf dalam perjalanan lomba selama tiga hari.

Advertisement

Post Comment