Klarifikasi Perjudian Lomba LJB’18 Sampang
Berita

Klarifikasi Perjudian Lomba LJB’18 Sampang

Advertisement

Munculnya berita perjudian di lomba Liga Jatim Bersatu (LJB) 2018 Sampang Madura 30 September 2018 di trek balap Desa Ragung Kecamatan Torjun Sampang minggu lalau,yang diberitakan oleh Liputanindonesia.com mengusik mania andhokan di Jawa Timur.

Sebab, dengan munculnya berita ini, membuat lomba-lomba daerah di Jawa Timur sedikit tersendat dengan ijin lomba. “Kita di dunia andhokan tanah air sudah ada organisasinya yakni PPMBSI. Dimana di organisasi tersebut dengan jelas melarang perjudian di lomba merpati balap yang memakai logo PPMBSI. Jika yang melakukan perjudian adalah penonton, sudah diluar tanggung jawab panitia,” tegas Lalak Saputra Kasi lomba Pengda PPMBSI.
Silakan aparat keamanan menangkap siapa saja (penonton) yang melakukan perjudian di arena lomba. Juga, panitia sudah jelas memasang spanduk dilarang keras berjudi di arena lomba. “Dengan spanduk ini, maka barang siapa yang melakukan perjudian, baik perseorangan atau kelompok, jika ditangkap aparat kepolisian itu resiko mereka sendiri. Dan panitia tidak bertanggung jawab,” tambahnya.
Jangan sampai, dengan ulah salah satu orang atau kelompok, membuat dunia merpati balap dalam hal ini lomba-lomba yang sudah digelar bertahun-tahun susah digelar akibat ijin lomba dari kepolisian setempat tidak keluar.
Sekali lagi, lomba merpati balap merupakan lomba murni ajang ketangkasan menangkap merpati, dimana setiap terbangan ada dua pembalap, yang mana datang lebih dulu itulah yang menang. Juga, sudah ada wadahnya organisasi yakni PPMBSI.
Sebab, merpati balap merupakan aset budaya dari Pulau Madura yang kita lestarikan dan jangan sampai musnah. Hal yang sama seperti karapan sapi, diselenggarakan setiap bulannya, bahkan ada agenda tingkat nasional yakni Piala Presiden Cup.
Sementara itu, panitia lomba juga mohon maaf dalam gelaran tersebut ada oknum penonton yang melakukan perjudian. Sebab, panitia dalm hal ini tidak mungkin mengawasi satu persatu penonton yang melihat jalannya lomba. Panitia sudah sibuk menjalankan roda jalannya lomba.
Selain jumlah peserta juga banyak, sekitar 500 pasang mata lebih yang menyaksikan jalannya lomba.

Post Comment