Manfaat Kacang Hijau Buat Sakit Tembolok Keras
Tips dan Tricks

Manfaat Kacang Hijau Buat Sakit Tembolok Keras

Boleh dikata, kacang hijau cukup mengandung protein tinggi yakni sekitar 24%. Dalam menu makanan merpati balap, kacang hijau umumnya digunakan sebagai pakan tambahan, sebab merupakan sumber protein nabati terbaik. Apalagi bagi merpati yang saat itu diturun di trek balap.
Sedangkan kandungan kalsium dan fospornya bermanfaat untuk memperkuat tulang. Terus bagaimana dengan kadar lemaknya?
Untuk kadar lemaknya, lanjut salah satu ahli Gizi, kadar lemak yang rendah tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi.
Bagaimana dengan Vitaminnya? Untuk vitamin yang ada di dalam kacang hijau adalah vitamin B1 (tiamin). Vitamin ini dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan.
Defisiensi vitamin B1 sendiri adalah salah satu vitamin yang berguna dalam merubah karbohidrat menjadi energi untuk tubuh, terutama otak dan sistem saraf.
”Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhan pun dapat diperbaiki,” tegasnya.
Disisi lain, meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
Secara tidak langsung, peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi Vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.
Selain hal diatas vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.
Dan lebih hebatnya lagi, Kacang Hijau dapat membantu ketika tembolok pembalap mengeras atau setelah makan jagung, jagung dimuntahkan serta hanya terisi air. Dalam hitungan hari, tubuh pembalap makin kurus. Ini yang membuat mania kebingungan.
Dengan merebus kacang hijau sampai empuk, selanjutnya ditiriskan sampai kering, setelah itu dimakankan (lolohkan) sampai tembolok kelihatan sedikit keras (keyang). Sekitar 2 sampai 4 jam, maka kacang hijau yang masuk kedalam tembolok akan turun.
Dari sinilah, kondisi pembalap akan mulai kembali prima. Ini dilakukan sampai kondisi pembalap pulih lagi. ”Sekitar 2 sampai 3 hari, kondisi pembalap akan pulih lagi. Ini cara jitu mengindari pembalap dari serangan penyakit didalam tembolok,” tutur Kohar, bos EPS Team Sidoarjo kepada beritamerpati.com.

Advertisement

Post Comment